Monday, 29 June 2015

Bank dan Pasar Modal Yunani Tutup.


Nasabah mengantre untuk menarik uang tetapi sebagian besar ATM sudah kehabisan uang tunai.
Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, mengatakan bank-bank dan pasar modal di negara itu akan tetap ditutup setelah Bank Central Eropa tidak akan menaikkan pemberian dana darurat di atas jumlah yang telah disetujui.

Selain itu pemerintah juga akan mengendalikan arus modal.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Minggu (28/06) Tsipras tidak mengindikasikan sampai kapan penutupan akan berlangsung tetapi menegaskan bahwa tabungan, gaji dan dana pensiun warga dijamin aman.

"Dalam beberapa hari ke depan yang diperlukan adalah kesabaran dan ketenangan. Tabungan rakyat Yunani sepenuhnya aman," kata perdana menteri.

Ia selanjutnya menuding Bank Central Eropa melakukan pemerasan terkait keputusannya untuk tidak menambah pemberian dana darurat untuk Yunani.

"Ini jauh dari sekedar jelas bahwa keputusan ini tidak lain adalah untuk memeras kehendak rakyat Yunani dan menghalangi proses demokrasi yang mulus melalui referendum."

Parlemen Yunani sudah mendukung rencana referendum atas persyaratan penggelontoran dana talangan yang diajukan oleh kreditur internasional.

Namun Bank Sentral Eropa memutuskan untuk tidak menambah pemberian dana darurat.

Yunani terancam gagal membayar utang kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 1,6 miliar euro yang jatuh tempo pada Selasa (30/06). Pada hari yang sama, penggelontoran dana talangan juga akan berakhir.
Bank dan Pasar Modal Yunani Tutup. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fikri as