Tuesday 23 July 2013

Tips Mencegah Rambut Rontok


Tabloid Kita - Kali ini saya akan berbagi tips untuk Mencegah Rambut Rontok. Sebagian orang jika mengetahui rambutnya rontok biasanya bisa merasa tidak PD.Tidak usah panik atau bingung jika saat anda sedang menyisir rambut, tiba-tiba anda menemukan beberapa helai rambut menyangkut di jeruji sisir. Sekali lagi juga jangan panik dan cemas saat bagun pagi anda menemukan beberapa helai rambut berguguran di atas bantal. Rambut yang rontok bukan berarti akhir segalanya, hanya saja memang butuh penanganan cepat dan pastinya butuh ketlatenan untuk Menangani Rambut yang sudah rontok. Sebelum kerontokan makin parah sebaiknya anda lebih sering merawatnya.




Jika selama ini anda khawatir menggunakan obat kerontokan rambut pabrikan, dengan pertimbangan bahwa bahan kimianya terlalu keras dan malah berakibat buruk, coba kali ini anda meracik sendiri.
Bahan racikan ini sama sekali tidak melibatkan bahan kimia alias alami. Berikut bahan-bahan yang perlu anda siapkan :
  • Sediakan 7-10 tangkai daun seledri
  • Tumbuk sampai halus
  • Keramaslah seperti biasa, lalu gosokkan hasil tumbukan daun seledri ini ke kulit kepala serta rambut sampai merata
  • Lakukan gerakan memijat kepala dengan lembut
  • Setelah selesai merasakan dan memijat, bungkus rambut dengan topi plastik selam atau bisa juga dengan shower cap, selama kurang lebih 1 jam.
  • Bilas dengan air bersih
Lakukan kurang lebih selama seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Rambut adalah sebuah asset yang ternilai harganya, tak ada seorang pun yang merasa senang ketika rambutnya mengalami kerontokan. Kerontokan rambut dapat disebabkan karena sifat alami akibat proses penurunan gen yang memiliki salah anggota keluarga yang mengalami kerontokan rambut. Adapula yang disebabkan karena banyak faktor umum dari kerontokan rambut.

Berikut cara mencegah rambut rontok secara alami, diantaranya :

1. Gunakan sisir yang bergigi jarang
Ketika menyisir atau merapikan rambut gunakanlah sisir yang bergigi jarang, agar seluruh rambut dapat tersisir dengan mudah dan mencegah dari kerontokan rambut. Dengan menggunakan sisir yang bergigi jarang dapat mengurangi resiko dari kerontokan rambut. Selain itu juga dapat meningkatkan pasokan darah untuk mengaktifkan fungsi dari sel-sel kulit kepala.

2. Gunakan jenis shampoo yang aman yang sesuai dengan jenis rambut
Keramaslah setidaknya 3-4 kali dalam seminggu namun anda juga dapat meningkatkan intensitas berkeramas jika anda usai melakukan olahraga atau berenang di laut atau di kolam renang, cucilah rambut anda hingga bersih agar garam dan klorin tak tersisa lagi di kulit kepala karena dapat merusak folikel rambut.

3. Gunakan pelembab atau kondisioner
Gunakanlah kondisioner atau pelembab rambut ketika usai berkeramas agar membuat tampilan rambut menjadi indah berkilau dan memberi nutrisi pada rambut tidak terlihat kering setelah rambut mengering.

4. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut
Ketika rambut masih dalam keadaan basah biarkan rambut mengering dengan sendirinya tanpa harus menggunakan pengering rambut (hair dryer) dan tidak pula dianjurkan menggosok rambut dengan handuk serta jangan langsung disisir. Hal ini disebabkan karena rambut dalam keadaan basah lebih mudah rapuh dibanding ambut dalam keadaan kering.

5. Jangan mengikat rambut terlalu kencang
Jangan mengikat atau menguncir rambut terlalu kencang dan menarik hingga pori-pori rambut terlihat, karena hanya akan menyiksa rambut dan peluang pada kerontokan rambut yang semakin parah. Hindari pula mengikat atau menguncir saat rambut dalam keadaan basah atau saat sedang berkeringat. Ketika folikel rambut mengekspolrasikan atau mengeluarkan kelenjar keringat karena suhu di kulit kepala yang panas kemudian rambut diikat hanya akan membuat sirkulasi udara menjadi terhambat dan membuat rambut menjadi lembab dan bau. Keringkan sejenak sebelum rambut anda diikat.

6.Penuhi kebutuhan akan protein
Rambut memiliki susunan protein yang salah satunya adalah protein keratin, sehingga sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan akan protein secaa seimbang untuk mempertahankan produksi rambut berjalan optimal.Sumber proein dapat ditemukan pada daging, ikan, telur, susu, keju dan lain sebgainya.

7. Mengendalikan atau kontrol emosi dengan baik
Faktor psikologis juga memainkan peranan aktf dari penyebab kerontokan rambut seperti stress, emosi yang tidak terkendali, perubahan mood yang tidak teratasi. Umumnya paling banyak terjadi pada wanita karena wanita memiliki hormon yang mengatur emosi dan stress ketika pikiran berada dalam suatu guncangan yang menyebabkan rambut mudah rontok dan urat syaraf yang berada dalam lapisan kulit kepala menengang.

8. Hindari penggunaan wig atau rambut palsu
Penggunaan wig atau rambut palsu hanya akan menyiksa rambut dan folikel rambut tidak dapat bernapas dengan leluasa dan membuat rambut menjadi mudah rapuh dan lembab. Pengunaan wig tidak sama dengan jilbab, helm, topi dsb, asalakan rambut tetap mendapat perawatan khusus. Teutama bagi para wanita yang dalam kehidupan sehari-harinya menggunkan jilbab dan mereka yang menggunakan helm disarankan untuk mencuci rambut minimal 2 hari sekali.

9. Hindari pancaran langsung sinar matahari
Kontak langsung dengan sinar matahari akan membuat rambut tidak dapat berkembang dan menyebabkan folikel rambut seperti terasa terikat tak hanya itu membuat kelenjar keringat disekitar kulit kepala menjadi berlebih. Tak menutup kemungkinan hal ini juga dapat membuat rambut kian rapuh dan menyebabkan kerontokan rambut.

Cara agar kerontokan rambut tidak semakin parah :

1. Gandum
Gandum memiliki kandungan zinc, besi, dan asam lemak omega 6 yang merupakan sumber nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut.

2. Kenari
Kenari yang termasuk dalam jenis kacang-kacangan yang juga memiliki kandungan omega 6 disinyalir dapat membantu pertumbuhan rambut baru yang memberikan nutrisi yang sangat baik pula sama halnya dengan gandum

3. Lemak ikan
Ikan yang juga memiliki sumber protein tinggi yang baik bagi sel tubuh yang juga mengandung sumber lemak vitamin B 12 dan zat besi. Kandungan sumber nilai gizi yang dimiliki ikan ini membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

4. Susu rendah lemak

Merupakan susu terbaik untuk membantu menjaga keseimbangan nutrisi di kulit kepala dan pori-pori di sekitar permukaan bawah kulit kepala yang mengandung kalsium dan protein, seperti susu skim, yogurt, keju dll.

5. Tiram dan Udang
Tiram dan udang merupakan jenis seafood yang banyak mengandung nilai gizi yang cukup lengkap untuk kesehatan rambut.

6. Biji rami
Biji rami dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala dan pertumbuhan rambut.


Makanan yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut :

1. Ikan, telur dan kacang
Ketiga jenis makanan tersebut mengandung kandungan protein yang cukup tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan rambut. Pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi namun harus tetap menyeimbangkan nilai dan komponen gizi lainnya untuk menunjang kesehatan dan mencegah rambut dari masalah kerontokan.

2. Zat besi
Zat besi memiliki peranan penting dalam pembuatan hemoglobin (sel darah merah) yang mempunyai tugas sebagai sarana pengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh termasuk rambut. Bila kadar hemoglobin kita baik maka pasokan dan penyebaran oksigen ke seluruh tubuh pun dapat berjalan lancar hingga bagian sel-seel tubuh yang paling kecil dan tersembunyi termasuk pori-pori rambut yang berada di bawah permukaan kulit kepala.

Untuk memenuhi asupan gizi dari Zat besi dapat diperoleh dari jenis makanan seperti telur, sayuran hijau, kismis, sereal gandum utuh, dsb.

3. Penuhi kebutuhan akan Zinc

Zinc memiliki tugas dalam berbagai fungsi tubuh termasuk rambut, karena rambut juga merupakan bagian dari anggota tubuh yang memerlukan perhatian, perawatan dan asupan gizi seperti anggota tubuh lainnya. Zinc juga memiliki tugas sebagai produsen hingga menyeimbangkan hormon dan fungsi dari zinc yang juga mempergaruhi pertumbuhan rambut. Selain itu zinc juga berfungsi sebagai penghasil kelenjar rambut yang mengikat akar rambut.

Pria yang mengalami masalah kerontokan rambut salah satunya disebabkan oleh kekurangan zinc di dalam kulit kepala sehingga rambut menjadi kehilangan fungsi dan kekuatan serta akar rambut menjadi melemah dan rambut menjadi mudah rapuh. Zinc mudah diperoleh melalui jenis makanan seperti daging merah, kacang, kerang, udang dan jenis makanan dan jenis makanan seafood lainnya.
Itulah tadi Tips Mencegah Rambut Rontok yang bisa saya bagikan, semoga bisa membantu anda untuk mencegah agar rambut anda tidak mengalami kerontokan lebih parah.

Sumber : http://mencegahrambutrontok.com/
Tips Mencegah Rambut Rontok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown