Thursday 18 July 2013

Tips Agar Tidak Bau Mulut Saat Berpuasa


Tabloid Kita - Dear pembaca setia tabloid kita kali ini masih dalam suasana ramadhan dan kita masih melaksanakan kewajiban kita untuk berpuasa, Nah mengenai tips kesehatan yang ingin saya berikan kali ini adalah cara mencegah bau mulut saat berpuasa. Berpuasa dan bau mulut adalah dua hal yang sering dikaitkan. Bau mulut saat sedang menjalani ibadah puasa sebenarnya lumrah. Namun, hal tersebut dapat membuat percaya diri menurun dan mengganggu jika harus bertemu dengan banyak orang. Maka dari itu penting untuk menjaga kebersihan mulut walau sedang berpuasa.


Dilansir dari kolomsehat.com, penyebab bau mulut  saat berpuasa karena keringnya mulut selama berpuasa. Tanpa asupan makanan, fungsi mengunyah pada mulut secara otomatis tidak dilakukan.  Hal ini membuat kelenjar ludah tidak memproduksi air liur dalam jumlah cukup. Produksi air liur inilah yang membuat mulut tetap lembab dan menjaga nafas mulut tetap segar.

Selain rajin menggosok gigi setelah makan sahur dan berkumur dengan obat kumur, cara alami mencegah bau mulut saat berpuasa adalah dengan mengkonsumsi yoghurt. Penelitian di Jepang menyatakan, mengkonsumsi plain yoghurt dapat menghilangkan bau mulut secara alami. Karena kandungan gula alami pada makanan ini dapat menghilangkan komponen sulfur pada mulut yang memicu terjadinya bau mulut.
Selain itu bakteri baik pada minuman fermentasi susu ini dapat melawan bakteri penyebab bau mulut. Minuman ini juga kaya akan vitamin c yang mampu mengurangi plak dan penyakit gusi. Dua hal tersebut merupakan pemicu dari masalah gusi berdarah dan peradangan pada mulut yang dapat menyebabkan bau mulut.

Ada baiknya mengkomsumsi plain yoghurt setelah santap sahur dan berbuka. Selain membantu melancarkan pencernaan saat berpuasa, mulutpun terbebas dari bau karena nafaspun menjadi lebih segar.

sumber : Dreamers Radio

Nah itulah sedikit Tips Agar Tidak Bau Mulut Saat Berpuasa. Semoga dengan adanya Tips Kesehatan ini kita semua tetap diberikan kesehatan untuk menjalani puasa setiap harinya. Selamat berpuasa.
Tips Agar Tidak Bau Mulut Saat Berpuasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Caffe Coffee