Monday, 22 June 2015

Tips Sehat Jalankan Puasa Selama Bulan Ramadhan


Selama bulan puasa, Anda pasti akan melihat banyak sekali orang yang berjualan berbagai macam makanan di jalanan ketika menjelang sore. Hal ini sudah sangat biasa terjadi saat bulan Ramadan. Semua orang pasti banyak yang akan mencari takjil atau menu buka puasa, Anda pun pasti juga tergoda membeli semua makanan yang terlihat enak tersebut bukan?

Tidak heran, karena Anda pun pasti sedang dalam keadaan lapar. Tapi jika ingin menjalani puasa lebih sehat dan tidak terjebak dengan kebanyakan makan dan bertambahnya berat badan, dikutip dari nhs.uk, berikut ini tips yang bisa Anda ikuti.

Jangan makan berlebihan saat berbuka

Ini adalah tips utama yang perlu Anda terapkan. Wajar jika saat lapar, Anda akan menginginkan banyak makanan, namun itu hanya bersifat sementara. Jika Anda tidak mengontrol makanan saat buka maupun sahur, bukannya menurunkan berat badan, Anda justru akan menaikkan berat badan. 

Kuncinya untuk mendapatkan puasa yang sehat selama Ramadan ini adalah keseimbangan nutrisi atau balanced diet. Asupan makanan saat puasa sebaiknya cukup sederhana dan tidak jauh berbeda dengan makan sehari-hari. Anda tetap harus mengutamakan makanan dalam kelompok buah dan sayur, daging dan ikan, susu dan biji-bijian sebagai nutrisi utama Anda.

Cukupi kebutuhan makan Anda dengan makanan yang beserta dan cukup air karena saat puasa Anda kekurangan banyak air hingga dehidrasi. Hindari makanan dengan kandungan gula berlebih, gorengan dan berlemak. Hindari juga memasak makanan dengan cara menggoreng atau menggunakan minyak berlebih.

Pesan yang mendasari jalannya puasa saat bulan Ramadan adalah melatih disiplin diri dan pengendalian diri. Jadi jangan sampai puasa kali ini justru membuat Anda kalap dan berujung pada kegemukan karena makan berlebih yang justru tidak sehat.
Tips Sehat Jalankan Puasa Selama Bulan Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fikri as