Thursday 21 January 2016

Wah! Iron Man Bisa Kamu Temui di Bali


Kamu pasti sudah asing lagi dengan film fenomenal Iron Man. Seorang pahlawan super yang memiliki sejuta kekuatan dan kecerdasan karena perkembangan tekhnologi. Oke-oke, jika selama ini kamu melihat sosok Iron Man ada di sebuah film. Kali ini kamu bisa mengenal Iron Man nyata di dunia. Yang menarik lagi, sosok Iron Man ini ada di Indonesia lho. Tepatnya di pulau dewata Bali. 

Dikutip dari laman merdeka.com, sosok Iron Man ini bernama I Wayan Sumardana. Ia adalah seorang pria berusia 31 tahun asal Karangasem, Bali. Mmm, kira-kira, bagaimana bisa pria yang kerap disapa Tawan ini dikenal sebagai Iron Man ya? Jadi begini kisahnya . 6 bulan yang lalu, Tawan tidak bisa menggerakkan tangan kirinya. Saat diperiksakan ke dokter, rupanya, ia didiagnosa menderita stroke ringan.

Dan karena stroke inilah, Tawan dikatakan tak akan bisa menggerakkan tangannya seperti dulu lagi. Meski begitu, ia tak pernah putus asa. Ia memikirkan berbagai cara agar bisa kembali menggerakkan tangannya. Hal ini karena ia ingat bahwa ia adalah seorang kepala keluarga yang harus menghidupi istri dan anak. Akhirnya ia pun memiliki ide cemerlang agar tangannya tetap bisa digerakkan. Berbekal pengetahuan tentang ilmu teknik mesin saat masih duduk di bangku STM dulu, Tawan pun akhirnya berhasil menciptakan sebuah maha karya luar biasa. 

Ia bisa menciptakan robot tangan jenis EEG di mana robot ini bisa dikontrol dengan mudah menggunakan otaknya. Menurut Tawan, untuk menciptakan robot ini bukan suatu hal yang mudah. Ia harus melakukan uji coba berkali-kali. Ia juga membaca dan mengorek informasi pembuatan robot di internet. Meski sering kali mengalami kegagalan dalam uji cobanya tersebut, ia tak pernah putus asa. Hingga pada akhirnya, robot tangan tersebut bisa ia ciptakan. Berbahan benda-benda rongsokan di bengkel miliknya, akhirnya ia bisa menggerakkan kembali tangannya melalui bantuan sang robot ciptaannya.

Tawan mengatakan, 

 "Inilah hidup saya. Dan saya hanya ini yang bisa saya lakukan juga yang saya punya. Yang terpenting bagi saya, saya bisa menyekolahkan anak-anak saya. Keluarga saya adalah segalanya bagi saya. Dengan robot ini, saya bisa menggerakkan tangan kiri saya yang lumpuh akibat stroke sejak enam bulan lalu. Saya tak pernah putus asa. Kalau saya putus asa, anak istri saya lantas makan apa. Berulang kali saya gagal menciptakan ini, dan akhirnya saya berhasil membuatnya.  
Melalui hasil karyanya yang luar biasa ini, ia pun semakin populer di dunia internet. Kini, ia tak hanya dikenal di dalam negeri saja. Banyak media asing yang juga memberitakan kisahnya ini seperti halnya 9GAG.COM. Atas apa yang diciptakan inilah, kawan-kawan dan beberapa orang yang sempat berkenalan dengan Tawan mengatakan bahwa ia adalah Iron Man asal Bali. Oh iya, asal kita tahu saja nih ya. Tangan kiri Tawan yang berupa robot tersebut bahkan bisa mengangkat beban seberat 50 kg lho.
Hasil karya yang sangat keren ya. Semoga, Tawan selalu semangat menjalani hidupnya. Apapun dan bagaimanapun kondisi Tawan saat ini, semoga ia bahagia selalu. Dari kisah Tawan, kita diajarkan untuk semangat selalu dan tak pernah putus asa dengan apapun dan bagaimanapun kondisi kita. Kita tetap harus semangat. ^__^

Wah! Iron Man Bisa Kamu Temui di Bali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown