Monday, 25 January 2016

Jokowi Borong Burung Cucak Keling di Solo



 Presiden Jokowi dan Iriana memborong puluhan burung di Pasar Burung Depok, Manahan, Solo, Jawa Tengah. Burung-burung itu nantinya dibawa ke Jakarta.

Pemilik nama Joko Widodo itu menyambangi pasar burung usai berolahraga pagi di acara Car Free Day yang digelar di Jalan Slamet Riyadi. Puluhan burung dari 3 penjual pun diborong.

Salah satu penjual burung di Pasar Depok, Wijianti menyebutkan, Iriana membeli 3 pasang merpati hias. Di antaranya jenis merpati gondok, merpati capuchine, serta merpati frillback. Harganya sepasang hewan tersebut Rp 100-200 ribu.

"Tadi kata Ibu (Iriana) merpatinya mau dipelihara gitu," kata Wijianti di Pasar Burung Depok, Solo, Jateng, Minggu (24/1/2016).

Sementara Jokowi membeli 2 jenis burung, yakni cucak keling dan jalak kapas. Sebanyak 50 ekor burung cucak keling seharga Rp 22 ribu per ekor diborong. Sementara jalak kapas dibelinya hanya 30 ekor saja.

Untuk 1 jenis burung saja dia harus mengeluarkan Rp 1 juta lebih. Seperti diungkapkan penjual burung jalak kapas bernama Abdullah.

"Tadi Bapak (Presiden) bilang ingin beli burung ini (jalak kapas), terus saya memilihkannya. Tadi beli 30 ekor dengan harga per ekornya mencapai Rp 35 ribu. Jadi total membeli dengan harga sekitar Rp 1 juta lebih,"‎ ujar Abdullah.

Setelah membayar, Jokowi dan rombongan langsung pergi meninggalkan pasar tersebut. Sebelum bertolak, dia sempat membagi-bagikan buku kepada anak-anak di area parkir pasar burung.

Selanjutnya burung-burung tersebut dimasukkan ke dalam sangkar serta kotak. Sejumlah petugas Paspampres serta Koramil setempat sibuk membungkus sangkar serta wadah burung tersebut. Pasalnya burung itu akan dibawa ke Jakarta dengan menggunakan pesawat.
Jokowi Borong Burung Cucak Keling di Solo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fikri as