Tuesday, 23 June 2015

Tips Alami Mengatasi Kantung Mata


Bagi Anda yang memiliki kantung mata, hal ini sering kali membuat Anda merasa kurang percaya diri. Pasalnya, lingkaran hitam yang berada di sekitar mata tersebut dapat merusak penampilan, bahkan sering kali membuat seseorang merasa tidak pede. 

Banyak hal yang dapat menyebabkan kantung mata, misalnya saja karena alergi, flu, ataupun infeksi yang mengumpul di bawah mata Anda. Selain itu, penyebab lain dari kantung mata yang menghitam biasanya dikarenakan adanya pigmen alami yang biasa dialami oleh orang-orang keturunan Asia dan Afrika.

Bahkan faktor usia pun bisa menjadi penyebab penipisan di bawah kulit mata yang bisa memicu munculnya pembuluh darah yang berada tepat di bawah mata. Umumnya, kantung mata sering dialami oleh Anda yang usia semakin bertambah. Jadi, saat kantung mata terbentuk tidak hanya kulit bagian bawah mata saja yang terlihat menebal. Namun, area di bawah mata pun sering kali berubah menjadi kehitaman.

Akan tetapi Anda tak perlu khawatir karena kantung mata yang menghintam. Pasalnya, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kantung mata tersebut. Diantaranya seperti beberapa cara berikut:
  • Kompres dengan air dingin
Anda bisa membasahi kain lap bersih dengan air dingin. Setelah itu, kompres kantung mata dengan menggunakan lap tersebut, tunggu hingga beberapa menit dengan melakukan sedikit tekanan dan ulangi selama beberapa hari.
  • Minyak almond
Penggunaan minyak almond yang dilakukan secara rutin dipercaya dapat memudarkan lingkaran hitam mata yang terdapat di bawah mata Anda. Pasalnya, minyak almond merupakan bahan alami yang bermanfaat dalam menghaluskan kulit di sekitar mata. Cara menggunakannya pun sangat mudah, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak almond sebelum tidur di sekitar lingkaran hitam mata Anda, kemudian beri pijatan lembut selama beberapa menit. Lalu, diamkan selama Anda tidur dan bilas dengan air dingin keesokan harinya.
  • Mentimun
Beberapa orang percaya bahwa mentimun dapat membantu memutihkan kulit karena zat ringan yang dapat memperbaiki lingkaran hitam di sekitar mata. Tidak hanya itu saja, mentimun pun dapat memberikan efek menenangkan dan menyegarkan mata.

Caranya, potong mentimun dengan irisan yang tebal lalu dinginkan dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu, letakkan irisan mentimun yang telah didinginkan di atas mata dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu cuci dengan air dan lakukan dua kali dalam sehari selama satu minggu atau lebih.
  • Hindari kebiasaan merokok dan alkohol
Mengonsumsi alkohol dan merokok secara berlebihan dapat mengurangi kelembapan kulit Anda dan membentuk kantung mata. Jadi, untuk menjaga kelembapan kulit hindari atau batasi mengonsumsi alkohol serta merokok. Selain itu, konsumsilah banyak air putih dan gunakan pelembab kulit di sekitar mata sebelum Anda tidur.
  • Batasi mengonsumsi garam
Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat meningkatkan pengumpulan cairan di dalam tubuh. Selain itu, sifat alamiah garam pun akan menarik cairan, dan hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya perpindahan cairan dalam jaringan tubuh. Hal ini dapat terlihat jelas pada bagian tubuh yang memiliki susunan jaringan yang longgar seperti area sekitar mata.
Dilansir : Vemale.com
Tips Alami Mengatasi Kantung Mata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fikri as